Tim Elektro Squad Budi Luhur Raih Pemakalah Terbaik di Acara ISRSC 2019

Tim Elektro Squad Universitas Budi Luhur mengikuti acara Indonesian Symposium on Robotic Systems and Control (ISRSC) ke-7 pada 20 Juni 2019. acara tersebut merupakan acara ilmiah tahunan bidang robotika yang diselenggarakan bagian dari rangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional. Kegiatan ini berbentuk seminar ilmiah yang menyajikan berbagai makalah dari para mahasiswa, peneliti, dan penggiat di bidang robotika.

Pada kesempatan tersebut Tim Elektro Squad mengirimkan divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dengan makalah berjudul “PID Control System for GoalKeeper Robot Position Control Based on Ball Object Detection”. Makalah ini dipresentasikan oleh perwakilan tim Elektro Squad Nur Fauzi Iskandar, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015 yang juga merupakan programmer di tim robot Elektro Squad.

Nur Fauzi Iskandar berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pemakalah terbaik. Untuk bisa mencapai tingkat Nasional dan bisa mendapatkan penghargaan ini, memerlukan waktu lama. Tahapan kegiatan KRI sudah dimulai dari akhir tahun sebelumnya yaitu kegiatan sosialisasi, lalu pembuatan proposal untuk seleksi tahap pertama.

Jika proposal diterima, dilanjutkan untuk seleksi tahap kedua dimana tim sudah mulai membuat robot dan mengirimkan laporan progress dalam bentuk video dalam durasi waktu yang ditentukan, agar dapat dilihat bahwa robot siap untuk tanding. Robot yang lolos seleksi tahap dua akan ikut bertanding di tingkat regional dan jika lolos di regional maka akan lanjut ke tingkat sasional.

Penyerahan penghargaan Pemakalah Terbaik. FOTO: Tim Elektro Squad

Penyerahan penghargaan Pemakalah Terbaik. FOTO: Tim Elektro Squad
Perjuangan yang dilakukan oleh tim Elektro Squad akhirnya terbayar. Walaupun tim robot belum bisa mendapatkan juara di tingkat nasional, tetapi tetap ada prestasi lain yang dicapai tim robot Elektro Squad dengan menyabet penghargaan sebagai pemakalah terbaik dalam ISRSC di KRI 2019.

Sekedar diketahui, Tim Robot Elektro Squad mengikuti ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional sebagai perwakilan dari Universitas Budi Luhur, setelah berhasil menjadi juara dalam KRI tingkat Regional. Pada KRI tingkat Regional II di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, Tim Elektro Squad mendapatkan dua gelar juara dan satu penghargaan.

Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Tim Elektro Squad, berhasil menjadi juara 1 dan mendapatkan penghargaan sebagai tim dengan Strategi Terbaik, sedangkan pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda sebagai Juara 3.

Kegiatan KRI ini diselenggarakan setiap tahun Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia. Kegiatan KRI tahun 2019 ini merupakan keikutsertaan tahun ke-15 bagi tim Elektro Squad dan menjadi agenda rutin yang selalu diikuti.

Ajang KRI 2019 tingkat nasional ini terbagi menjadi enam divisi, yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontas Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan yang terakhir adalah Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Menurut Bapak Akhmad Musafa S.T.,M.T (Kaprodi Teknik Elektro) sekaligus sebagai salah satu Dosen Pembimbing mengatakan, “Keikutsertaan tim Elektro Squad dalam KRI secara rutin adalah sebagai salah satu upaya yang dilakukan Program Studi untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Karena salah satu poin penilaian sebuah perguruan tinggi adalah prestasi akademik dari dosen maupun mahasiswa,” ujarnya.

“Selain itu kegiatan ini juga sekaligus untuk mengaktualisasikan ilmu yang didapat dari kampus. Sehingga apa yang kami pelajari memiliki arah yang jelas, karena bidang robotika merupakan salah satu bidang pengetahuan yang selalu berkembang, apalagi sekarang didukung dengan berkembangnya IoT. Hal ini juga selaras dengan kurikulum yang ada di Prodi kami,” tambahnya.

Semoga dengan adanya penghargaan ini semakin meotivasi seluruh tim robot Elektro Squad khususnya dan tim robot Universitas Budi Luhur secara keseluruhan untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi di tahun depan. Salam Budi Luhur!

Penulis: Latifa Mahsa

Editor: SA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =

*