Lomba PLC Programming dan Fisika Asik 2015 Prodi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur telah sukses menyelenggarakan Lomba Programmable Logic Control (PLC) Programming dan Fisika Asik 2015 tingkat SMA/SMK/MA se – Jabodetabek. Agenda ini diselenggarakan dari tanggal 4-6 Mei 2015 , kegiatan ini diawali dengan kegiatan Workshop PLC Programming dan teknikal meeting pada hari senin – selasa (4-5 mei 2015) di Ruang Laboratorium Lanjut Prodi Elektro Universitas Budi Luhur, serta Teknikal meeting Fisika Asik selasa 5 mei 2015 di Ruang kelas Universitas Budi Luhur yang diikuti oleh para peserta dan guru pendamping.

PLC 1

Selanjutnya pada hari Rabu 6 Mei 2015 adalah hari puncak kegiatan lomba ini, yang dimulai dengan acara pembukaan di Gedung Teater Univ. Budi Luhur pada Pukul 09:00 WIB, acara pembukaan ini dipandu oleh pembawa acara Silvi Salmi Al-hikmah (TE 2013) dan Muhammad Thoriq (TE 2014) dengan agenda pembuka adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan-sambutan. Sambutan diawali oleh Ketua Pelaksana lomba PLC Programming & Fisika Asik 2015 oleh Bpk. Eka Purwa Laksana, M.T yang menyampaikan ucapan terima kasih untuk para peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, tercatat ada 16 Tim pada kategori Lomba Fisika Asik dan 12 Tim pada kategori Lomba PLC Programming dari berbagai Sekolah SMA sederajat di Jabodetabek. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ka. Prodi Teknik Elektro Bpk. Akhmad Musafa, M.T yang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah yang pertama di lingkungan Prodi Teknik Elektro Univ. Budi Luhur dan Bahkan di kampus yang lainpun belum ada kegiatan yang serupa dengan kegiatan Lomba PLC Programming dan Fisika asik ini. Beliau menyampaikan dan memotivasi para peserta untuk selalu menjunjung tinggi nilai sportivitas dan kebudiluhuran dalam lomba ini serta terus meningkatkan keilmuan untuk bekal dimasa datang. Selanjutnya dalam pembukaan ini hadir Bpk. Dr. Ir. Wendi Usino Sulaeman, M.Sc, M.M juga berkesempatan memberikan sambutan dan motivasi bagi para peserta dan guru pendamping yang selanjutnya beliau membuka kegiatan Lomba PLC Programming dan Fisika Asik 2015 secara resmi dengan melakukan pemukulan Gong.

PLC 2

Setelah acara pembukaan tersebut selanjutnya adalah kegiatan lomba yang dibagi menjadi 2 tempat, pada Ruang Teater dilangsungkan Lomba Fisika Asik 2015 yang dibalut dengan konsep Cerdas Cermat dengan Pertim terdiri dari 3 orang peserta, dan pada Ruang Laboratorium Elektro lanjut dilangsungkan Lomba PLC Programming dengan Pertim terdiri dari 2 orang. Pada Lomba Fisika Asik 2015 yang diikuti oleh 16 Tim Peserta dari berbagai SMA sederajat dibagi menjadi 4 Grup penyisihan yang hasilnya juara grup penyisihan akan langsung mendapatkan tiket masuk babak Final Lomba Fisika asik 2015, dari penyisihan tersebut menghasilkan 4 tim finalis yaitu dari SMAN 90 Jakarta, SMAN 63 Jakarta (2 Tim) dan MAN 19 Jakarta. Dewan Juri Lomba Fisika Asik 2015 ini ialah Bpk. Ir. Suroso, M.T dan Indra Riyanto M.T beliau adalah Pakar dan Dosen di bidang FISIKA. Semenjak babak penyisihan Grup sampai dengan  babak final terlihat para peserta lomba sangat antusias dan sangat terlihat kesiapannya karena soal demi soal yang diberikan oleh Dewan Juri berhasil mereka selesaikan dengan baik. Dan pada akhirnya pada Lomba Fisika Asik 2015 ini didapatkan Juara sebagai berikut :

–          Juara I                 : SMAN 90 Jakarta

–          Juara II               : SMAN 63 Jakarta (Tim 2)

–          Juara III              : 63 Jakarta (Tim3)

–          Juara Harapan   : MAN 19 Jakarta

PLC 3

Pada lomba PLC Programming yang diikuti oleh 12 tim peserta ini juga terlihat antusiasme dari peserta dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh Dewan Juri. Bertindak selaku Dewan juri PLC ini Bpk. Natalis Siswanto, S.T (Alumni Elektro UBL 99) dan Bpk. Akhmad Musafa, M.T. dalam babak penyisihan didapatkan 4 tim dengan nilai tertinggi dan berhak masuk ke babak final yaitu dari SMK Yuppentek 6 Tangerang, SMAN 63 Jakarta, SMKN 29 Jakarta dan SMA Izzada Tangerang. Dalam babak final tersebut menghasilkan juara PLC Programming sebagai berikut :

–          Juara I                  : SMKN 29 Jakarta

–          Juara II                 : SMAN 63 Jakarta

–          Juara III               : SMK Yuppentek 6 Tangerang

–          Juara Harapan   : SMA Izzada

PLC 4

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diselenggarakan Seminar ilmiah dari PT Festo Indonesia (Didaktika) yang disampaikan oleh bpk. Amri Kosim selaku Didactic Consultant, juga diramaikan pula oleh Pameran Inovasi dan Karya Mahasiswa Prodi Teknik Elektro serta pemabagian doorprize bagi para peserta yang beruntung. Kegiatan Lomba PLC Programming dan Fisika Asik 2015 terselenggara atas kerjasama berbagai pihak terutama Keluarga Besar Prodi Teknik Elektro, Direktorat Bidang Promosi dan Kerjasama Univ. Budi Luhur, PT. Festo Indonesia dll. Insya Allah kegiatan ini akan berlangsung setiap tahunnya, So tunggu kehadirannya kembali di tahun 2016…Salam FT, Salam Budi Luhur.

PLC 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*