Prodi Teknik Elektro ; PPM ”Penyuluhan Penggunaan Listrik Yang Benar” di Karang Tengah

Dalam rangka Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) pada 16 Juni 2014 Team Dosen Teknik Elektro (Albert Gifson, Rummi Sirait, Peby Wahyu Purnawan, Indra Riyanto serta Eka Purwa Laksana) bersama pihak PLN cabang Kreo yang merupakan 2 mahasiswa Elektro (Jorda dan Ryansyah) yang sudah bekerja di sana, melakukan Penyuluhan tentang penggunaan listrik yang benar bagi warga Jl. Raden Saleh RT 05/05 Karang Tengah. Kegiatan ini dimulai pukul 10.30 wib dengan diawali sambutan dari Ketua Majlis Taklim Siti Khodijah Ibu Hj. Asenah yang menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan listrik ini sangat bermanfaat buat para jamaah majlis taklim dan juga warga sekitar karena memberikan wawasan yang baru tentang penggunaan alat kelistrikan, terlebih dengan hal ini memberikan kewaspadaan yang lebih dalam kelistrikan.
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur oleh bapak Indra Riyanto, MT yang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari para Akademisi Prodi Teknik Elektro Universitas Budi Luhur yang bekerjasama dengan PLN cabang Kreo bertujuan memberikan sumbangsih pengetahuan tentang kelistrikan khususnya untuk rumah tangga. Selanjutnya acara dilanjutkan oleh penjelasan dari pihak PLN mengenai Instalasi Listrik Rumah Tangga serta pemakaian listrik yang baik dan benar dengan menampilkan slide materi kelistrikan dan video contoh video penggunaan listrik dengan beban lebih menggunakan alat kelistrikan yang tidak benar.
Gmbr 1
Gambar 1 : Pembukaan dan Moderator oleh Bapak Indra Riyanto

Gmbr 2
Gambar 2 : Presentasi Materi Bahaya Kebakaran oleh Ryansah

Gmbr 3
Gambar 3 : Presentasi Video Bahaya Kebakaran oleh Bapak Albert

Gmbr 4
Gambar 4 : Penjelasan Pemakaian KWh Digital dengan KWh Analog

Jamaah Majlis Taklim dan Warga sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti dengan respon dan diskusi dari warga kepada para penyuluh yang berlangsung menarik dengan suasana penuh kemasyarakatan yang berdiskusi mengenai masalah instalasi dan penggunaan listrik di rumahnya masing-masing. Panitia Pengabdian Kepada Masyarakat ini memberikan doorprize bagi jamaah/warga yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, dan pada pukul 13.00 diadakan pemberian cinderamata kepada Ketua Majlis Taklim Siti Khadijah dan PLN cabang Kreo atas kerjasama penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari Prodi Teknik Elektro Universitas Budi Luhur.
Gmbr 5
Gambar 5 : Tanya Jawab oleh Warga Majlis Jl Raden Saleh RT 05/05

Gmbr 6
Gambar 6 : Foto Bersama Ketua Majlis dengan Dosen dan Mahasiswa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*