Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Arsitektur: Renovasi Mushollah Al-Ikhlas Di Jl. Rawasari Timur No.18, RT 18/RW 2, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi bagi seorang Dosen. Tugas Dosen tidak hanya mengajar saja, namun harus melakukan kegiatan penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat. Kewajiban tersebut dilaksanakan oleh Tim Dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yang terdiri dari Sri Kurniasih, S.T., M.Ars, Inggit Musdinar Sayekti Sihing, S.T., M.T dan Dody Kurniawan, S.T., M.T melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Renovasi Mushallah Al Ikhlas, di daerah Cempaka Putih Timur. Kegiatan ini dilaksanakan secara terprogram yang dimulai dari bulan Mei 2020 sampai dengan bulan Agustus 2020.

Tim PKM Mushallah Al Ikhlas berfoto bersama di Ruang Sholat lantai 1 sebelum renovasi (kiri) dan sesudah renovasi (kanan)

Mushallah Al Ikhlas dibangun pada tahun 2002 berlokasi di jl. Rawasari Timur no.18, RT.18/RW.2, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat hingga saat ini belum pernah melakukan renovasi. Mushallah yang diperkirakan kurang lebih menampung sekitar 550 jamaah ini dirasa mulai perlu dilakukan pengembangan, mengingat di waktu sholat jumat dan bulan Ramadhan jamaah yang datang ke Mushallah mulai tidak tertampung. Hingga saat ini mushallah Al Ikhlas terus mengalami pengembangan karena bertambahnya jumlah Jemaah dan bertambahnya jumlah kegiatan yang diwadahi oleh mushallah tersebut. Saat ini Mushallah Al Ikhlas memiliki luas lahan ± 1.287m2serta luas bangunan± 1.106m2. Dengan lahan yang tidak mungkin lagi dilakukan pengembangan secara horisontal, maka pengelola Mushallah Al Ikhlas menghendaki untuk merenovasi Mushallah menjadi 2 lantai.

Solusi dari permasalahan bangunan Masholla Al Ikhlas di Kelurahan Cempaka Putih Timur Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat adalah membuat desain renovasi Mushallah Al Ikhlas yang semula hanya 1 lantai menjadi 2 lantai yang dengan standar kenyamanan arsitektur.

Sebelum melakukan renovasi, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) melakukan survey awal guna mendapatkan gambar kerja kondisi eksisting atau kondisi sebelum dilakukan renovasi. Koordinasi dengan pengurus dan pemilik Mushallah Al Ikhlas sangat diperkulan guna mengetahui keinginan klien (pemilik dan pengurus mushallah) terhadap bangunan mushallah yang ingin direnovasi.

Pengukuran Mushallah Al Ikhlas sebelum direnovasi untuk membuat gambar kerja
Koordinasi dengan Pemilik dan Pengurus Mushallah terkait Desain Renovasi

Setelah tahap survey awal dilaksanakan, tim PKM membuat gambar kerja, desain serta rencana anggaran biaya (RAB) renovasi Mushallah Al Ikhlas. Dalam pembuatan desain tidak lepas dari proses revisi gambar, dimana perubahan-perubahan desain merupakan hal yang lumrah menyesuaikan keinginan klien. Dengan demikian proses pembuata desain dalam hal ini gambar kerja dan RAB cukup memakan waktu yang lama sekitar 1 bulan. Berikut gambar kerja dan desain 3D renovasi Mushallah Al Ikhlas di Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.

Denah Lantai 1 Mushallah Al Ikhlas (kiri) dan denah Lantai 2 Mushallah Al Ikhlas (kanan)
Tampak Utara (kiri) dan Timur (kanan) Mushallah Al Ikhlas
Tampak Selatan (kiri) dan Barat (kanan) Mushallah Al Ikhlas
Gambar 3D Renovasi Mushallah Al Ikhlas

Setelah tahap desain selesai, kegiatan dilanjutkan dengan tahap pembangunan. Pada tahap pembangunan, pengurus Mushallah Al Ikhlas bersama warga membangun secara swadaya dengan biaya pembangunan berasal dari sumbangan dari warga sekitar dan juga dari donatur dari berbagai wilayah. Proses pembangunan renovasi Mushallah Al Ikhlas ini diperkirakan akan selesai masa pembangunannya yaitu pada bulan November 2020. Berikut ini progress pembangunan Mushallah Al Ikhlas pada bulan Juli hingga Agustus 2020, gambar yang disajikan berupa gambar sebelum dan sesudah renovasi, sehingga terlihat progresnya.

Sebelum renovasi (kiri) dan sesudah renovasi menjadi 2 lantai (kanan)
Sebelum renovasi (kiri) dan sesudah renovasi terdapat perbedaan bukaan (kanan)
Sebelum renovasi sebagai area pajang papan pengumuman (kiri) dan sesudah renovasi menjadi area tangga (kanan)
Ruang sholat sebelum renovasi (kiri) dan perubahan area ruang sholat (kanan)
Area Ruang Sholat pada lantai 2 (kiri) dan struktur penopang kubah yang telah disiapkan (kanan)

Proses pembangunan mushallah Al Ikhlas akan terus berlanjut sampai pembangunan selesai baik eksterior maupun interior, sehingga mushallah Al Ikhlas dapat digunakan oleh masyarakat setempat. Tim PKM program studi Arsitektur akan terus mendampingi, memonitoring pelaksanaan pembangunan dan melanjutkan kegiatan PKM ini ke tahap berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + two =

*