RANCANG BANGUN STASIUN CUACA MINI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO KEMBALI MEMENANGKAN HIBAH PKM KEMENDIKBUD RISTEK DIKTI 2024

Rizka Aulia mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur angkatan 2022, memenangkan Hibah pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud Ristek Dikti tahun 2024. Rizka sebagai ketua tim dengan anggota yang terdiri Didi Kristanto, Edry Jenny Natalie, Hafiz Muhammad Zain, Reinald Reyhan Rakhman mengusung proposal PKM Karsa Cipta dengan judul Rancang Bangun Stasiun Cuaca Mini Berbasis IoT untuk Memonitoring Cuaca Secara Real Time dan Memiliki Kemampuan Prediksi. Tim PKM ini dibimbing oleh Dr(cand).Akhmad Musafa,. S.T, M.T., dosen prodi Teknik Elektro yang sejak tahun 2019, selalu meloloskan pendanaan program PKM Dikti, bagi Fakultas Teknik.

Dalam kegiatan PKM-KC ini, Rizka dan tim akan membuat rancang bangun stasiun cuaca mini yang dapat mengukur parameter cuaca seperti iradiasi matahari, suhu dan kelembaban udara, kecepatan angin, dan juga curah hujan, serta memiliki kemampuan prediksi kondisi cuaca untuk satu hari, satu minggu dan satu bulan ke depan. Selain itu, stasiun cuaca ini juga terintegrasi dengan IoT sehingga informasi dan prediksi cuaca yang dihasilkan dapat diakses secara luas oleh masyarakat.

Menurut Dr. Putri Suryandari, M.Ars, Dekan Fakultas Teknik, dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, setiap tahun Kemendikbud Ristek Dikti selalu menyelenggarakan kompetisi program kreatifitas mahasiswa, bertaraf nasional. Sejak tahun 2019, prodi Elektro selalu memenangkan PKM Dikti, sehingga sudah 5 tahun berturut-turut memenangkan program ini. Putri optimis bahwa ditahun yang akan datang, lebih banyak lagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yang akan memenangkan pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa.

Prodi Teknik Eletro di Universitas Budi Luhur, memiliki 3 program peminatan yang sesuai dengan kebutuhan modernisasi, yaitu Teknik Telekomunikasi dan Multimedia, Teknik Kontrol dan Otomasi Industri, Teknik Kendaraan Listrik. Ketiga peminatan tersebut merupakan program yang sangat diminati oleh para siswa-siswa SMK maupun SMU saat ini.

Telah terbit di Kompas.com https://www.kompas.com/edu/read/2024/05/10/203326071/rancang-stasiun-cuaca-mini-berbasis-iot-tim-prodi-teknik-elektro-ubl-raih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*