KOLABORASI UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA DENGAN YAYASAN 74 HAFIDZUN ALIM MELAKSANAKAN HIBAH MATCHING FUND PENDANAAN 2023

Pada bulan Mei 2023, Kedaireka Matching Fund mengumumkan penerimaan pendanaan program, “Kelayakan Pengembangan Eduwisata Religi Arsitektur Pilar al-Quran dalam mendukung Pariwisata Halal di Indonesia”, bagi Universitas Budi Luhur Jakarta. Hibah MF2023 yang sudah di selenggarakan oleh Kemenristek Dikti melalui platform Kedaireka selama 3 tahun yang lalu ini, merupakan penerimaan pertama kali, oleh Universitas Budi Luhur. Adapun dosen-dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini yang diketuai oleh Dr. Putri Suryandari dari Fakultas Teknik dan tim dari FT, FTI, FEB dan FISIG (Fakultas Sosial, Politik dan Studi Global). Kurang lebih dua puluh mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini yang dikonversi dalam program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Program, “Kelayakan Pengembangan Eduwisata Religi Arsitektur Pilar al-Quran dalam mendukung Pariwisata Halal di Indonesia”, adalah hasil kolaborasi antara Universitas Budi Luhur Jakarta, dengan Mitra Yayasan 74 Hafizun Alim sejak tahun 2021. Pemilik Yayasan adalah KH Fahmi Basya dan Ketuanya Deddy Herdiansjah PhD.

Adapun produk hasilnya adalah, Maket Model Pilar al-Quran sebagai media edukasi untuk  memudahkan menghafal jumlah ayat dan nomor surat dalam al Quran, Maket kawasan Wisata Religi Pilar al Quran, Aplikasi Arsitektur Pilar al Quran melalui website dan sistem android (HP), Alat Uji Sun path diagram bagi pengujian kenyamanan thermal Pilar al Quran sebagai objek Eduwisata Religi.

Bantuan yang diberikan Universitas Budi Luhur dalam pembuatan gambar kerja dan pembuatan maket model Pilar Al-Quran untuk mitra telah berhasil menyusun rencana praktik bisnis baru bagi Y74HA yaitu metode menghafal Al Quran secara digital .

Telah terbit di Kompas.com https://www.kompas.com/edu/read/2024/05/10/203326071/rancang-stasiun-cuaca-mini-berbasis-iot-tim-prodi-teknik-elektro-ubl-raih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*