Workshop Sistem Mitigasi Berbasis IoT Dan Edukasi Manajemen Bencana Banjir Pada Warga Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang

Kelurahan Pedurenan – Pada tanggal 04 Juli 2024, kolaborasi antara tim dosen Program Studi Teknik Elektro (Nifty Fath, S.T., M.Eng, Peby Wahyu Purnawan, S.T., M.T) dan Program Studi Manajemen Bencana (Ayu Wahyuningtyas, S.T., M.Sc) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Semester Genap 2023/2024 di Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan ini mengusung topik workshop perancangan sistem mitigasi bencana banjir sederhana berbasis IoT yang diikuti oleh kelompok warga usia sekolah dan edukasi manajemen bencana banjir yang dihadiri oleh kelompok warga usia pekerja.

Rangkaian acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Kelurahan Pedurenan, Bapak Abdurrahman, S.IP dan Sekretaris Kelurahan, Bapak Suyitno, SH.,M.A.P. Pada workshop perancangan sistem, para peserta nampak antusias dan dapat mengikuti serta mempraktekkan pembuatan sistem pendeteksi banjir sederhana. Apabila ketinggian air telah mencapai batas yang ditentukan, maka notifikasi siaga banjir terkirim ke handphone masing-masing peserta melalui aplikasi Blynk.

Edukasi manajemen bencana mengambil topik pelatihan instalasi biopori. Warga diberikan edukasi terkait beberapa manfaat instalasi biopori yakni sebagai penanggulangan banjir, resapan sederhana, dan composting. Kegiatan edukasi diakhiri dengan praktik langsung instalasi biopori bersama tim dan peserta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*