Arsitek Profesional Didaulat Jadi Penguji Sidang Akhir

Program Studi Arsitektur FT Universitas Budi Luhur, mulai menggelar sidang Tugas Akhir dengan mengundang Praktisi. Pelaksanaan Sidang sejak tanggal 22 Juli 2024 sampai dengan 31 Juli 2024, diwarnai dengan Aura yang berbeda, khususnya bagi mahasiswa peserta Sidang Tugas Akhir, tidak hanya di uji secara internal tapi juga hadir penguji eksternal. Tidak semua mahasiswa diuji oleh Praktisi, karena disesuaikan dengan waktu yang dimiliki oleh para Arsitek Profesional.

Kaprodi Arsitektur Sri Kurniasih, ST,M.Ars menjelaskan bahwa sejak berdiri tahun 1999, mengkhususkan diri pada lulusan yang mampu mendisain dengan Komputer. Selain mampu mendisain dengan komputer, juga memiliki kemampuan membuat Konsep Disain sesuai dengan Fungsi dan Teori Arsitektur yang ter-update.  Kelebihan dari produk akhir mahasiswa Arsitektur Budi Luhur selain Gambar Disain 2D dan 3D, buku Konsep, juga Video Animasi dan Maket. Mereka juga membuat sendiri semua produk tersebut, sehingga memahami benar hasil Perencanaan mereka. Produk ini yang membuat para Praktisi tertarik untuk melihat dan menguji produk akhir mahasiswa Arsitektur Budi Luhur.

Menguji mahasiswa Renaldi dengan nilai Ujian Akhir A, Ar Ama Sugiarto, ST, IAI, owner sekaligys principle arsitek PT. Cipta Adiwastu Desain mengatakan, dia sangat terkejut dengan produk Tugas Akhir mahasiswa Arsitektur Budi Luhur ini, dalam waktu hanya satu semester, bisa menghasilkan produk sebanyak itu. Hasilnya juga sudah siap untuk masuk ke dunia kerja. Bisik-bisik dengan Arsitek Sohibudin WaliS, T, IAI, praktisi pemilik PT. Trilogi Lapan Empat yang berdomisili di Tailand, yang menguji Esa mereka mau merekrut  para mahasiswa ini karena siap pakai.

Pada sidang Muhammad Reza Takari, praktisi Muty Linggawati, ST, IAI owner PT. Mitra Abadi Internasional sedang kunjungan kerja ke Bangkok, sehingga pengujian dilaksanakan online via Zoom. Muti mengatakan bahwa dia sangat menikmati presentasi Reza dan Disain Arsitektur yang di presentasikan.

Humas FT, Eka Purwalaksana MT mengakui bahwa prodi Arsitektur Budi Luhur memiliki standard yang tinggi untuk Tugas Akhir. Hebatnya, selama mahasiswa Tugas Akhir mampu menyelesaikan tugas tersebut dan dengan sangat baik. Lulusan Arsitektur Budi Luhur 60% bekerja sesuai dengan profesi mereka di bidang Arsitektur dan 25% mampu membuka bidang usaha secara mandiri dibidang Arsitektur. Produk akhir berupa Konsep dan Disain memungkinkan mahasiswa untuk lanjut untuk studi Magister, maupun langsung ke profesional.

Keseruan sidang Tugas Akhir dengan penguji dari Arsitek praktisi membuat seluruh mahasiswa bersemangat untuk berkompetisi mendapatkan penguji yang kompeten di bidangnya. Sidang yang masih berlangsung sampai akhir Juli, akan berlanjut menampilkan praktisi-praktisi arsitek profesional lain.

Sudah diterbitkan di Media Indonesia https://mediaindonesia.com/humaniora/689140/arsitek-profesional-didaulat-jadi-penguji-sidang-akhir

Kompas.com https://www.kompas.com/edu/read/2024/07/30/165654771/prodi-arsitektur-ubl-undang-praktisi-profesional-jadi-penguji-sidang-tugas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*