Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Masuk Desa Bojongkasih,Cianjur.

Bojongkasih, 28 Juli 2024 – Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur kembali menunjukkan komitmennya dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui program peningkatan infrastuktur di Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak. Adapun program terfokus pada peningkatan jalan setapak tanah menjadi jalan beton yang lebih kokoh dan tahan lama. Adapun tajuk utama program pengabdian kepada masyarakat adalah Perbaikan Kualitas Jalan Setapak Pada Kawasan Wisata Curug Ciastana Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, Jakarta

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarkat yang secara rutin dilakukan oleh program studi Arsitektur Universitas Budi Luhur. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengunjung wisatawan yang akan mengunjungi Curug Ciastana sehingga dengan meningkatnya wisatawan dapat meningkatkan kualitas hidup warga desa. Dengan perbaikan jalan ini maka diharapkan dapat mendukung mobilitas wisatawan dan meningkatkan perekonomian local.

Kepala Desa Bojongkasih Dadi Anwar Musadad dalam sambutan pembukaannya menyatakan “kami sangat bangga desa kami menjadi target program pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Budi Luhur sehingga kontribusi universitas dalam perbaikan jalan ini tidak hanya sebatas perbaikan namun dapat juga mempererat hubungan antara universitas dan masyarakat sekitar”

Kepada Desa Anwar Dadi Musadad memberikan kata sambutan
Pembuka dalam Pengabdian Kepada Masyarakat

Perbaikan kualitas jalan ini berbentuk gambar rencana dan estimasi rencana anggaran biaya yang dapat dipergunakan sebagai pengajuan perangkat desa untuk proposal pembangunan jalan ke tingkat kecamatan atau kabupaten. Selain itu pada pengabdian masyarakat ini juga dapat memberikan inspirasi bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan jalan setapak sehingga dengan ikut serta masyarakat rasa kepemilikan dan memelihara infrastruktur dapat terjalin.

Dengan selesainya pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojongkasih maka diharapkan perangkat desa mampu meningkatkan jalan setapak yang menjadi akses ke Curug Ciastana dengan konsep yang sesuai dengan bentuk gambar kerja yang telah dibuat oleh tim arsitek dari Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur. Selain dengan gambar perangkat desa juga dapat mendapatkan estimasi jumlah dana yang harus dipersiapkan sehingga ada pedoman pekerjaan dan pengontrol pelaksanaan pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*