Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024: Peningkatan Sistem Keamanan Rumah Tangga dengan Sistem Mitigasi Bahaya Kebakaran dan Edukasi Manajemen Bencana Kebakaran

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024 dengan tema “Peningkatan Sistem Keamanan Rumah Tangga dengan Sistem Mitigasi Bahaya Kebakaran dan Edukasi Manajemen Bencana Kebakaran” di Perumahan Bambu, Kreo, Kecamatan Larangan Utara, Larangan, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dosen serta mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Manajemen Bencana, Universitas Budi Luhur. Tim dosen dari kegiatan ini terdiri dari Peby Wahyu Purnawan, S.T., M.T. selaku ketua, Nifty Fath, S.T., M.Eng dan Ayu Wahyuningtyas, S.T., M.Sc selaku anggota.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua RT yakni bapak Agung yang kemudian diteruskan oleh sambutan dari ketua tim. Sesi pertama dimulai dengan pemaparan  mengenai sistem mitigasi bahaya kebakaran yang disampaikan oleh Nifty Fath, S.T., M.Eng dan Peby Wahyu Purnawan, S.T., M.T. Sistem berbasis wireless sensor network ini terdiri dari beberapa node sensor dan node gateway. Seitap node sensor terdiri dari sensor gas, sensor asap, sensor api, dan sensor suhu. Jika terdapat tanda bahaya kebakaran, maka warga akan mendapatkan informasi real time melalui aplikasi WhatsApp.

Sesi pemarapan kedua disampaikan oleh Ayu Wahyuningtyas, S.T., M.Sc. Warga diberikan edukasi mengenai cara-cara yang harus dilakukan dalam menangani bahaya kebakaran yang terjadi di rumah. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk memadamkan api adalah menggunakan kain basah. Jika api tergolong besar, maka dapat menggunakan APAR. Warga pun diajak untuk ikut mempraktekan langkah-langkah mematikan api kebakaran.

Sesi terakhir ditutup oleh tanya jawab dan pembagian doorprize bagi warga yang aktif dalam diskusi. Berdasarkan hasil polling, sebagian besar warga teredukasi dan memperolah ilmu baru tentang bagaimana proses mitigasi dan menghadapi bahaya kebakaran yang ada di rumah.

Sambutan oleh ketua RT setempat, bapak Agung
Sambutan oleh ketua Tim Pengmas, Peby Wahyu Purnawan, S.T., M.T
Pemaparan mengenai penanganan sistem mitigasi bahaya kebaran oleh Nifty Fath, S.T., M.Eng

Pemaparan mengenai penanganan bahaya kebakaran oleh Ayu Wahyuningtyas, S.T., M.Sc

Demonstrasi penanganan bahaya kebakaran
Foto bersama warga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*