Workshop membuat Rangkaian Elektronika Dasar Siswa SMA/SMK/MA bersama TIM PKM Prodi Elektro

100_0257Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh Tim Dosen Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur dilaksanakan pada Jumat 29 Januari 2016 yang bertempat di Ruang Teater Universitas Budi Luhur mendapatkan sambutan dan hasil yang positif bagi peserta khususnya sekitar 41 Siswa/i dari 8 Sekolah yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini dipandu oleh Odik Sulasdika dan Yogie Arrozi (Mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2012) yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan kegiatan ini selesai pada pukul 16.00 WIB.
Workshop ini dibagi menjadi 3 sesi, pada sesi pertama berkaitan dengan Rangkaian Elektronika Sederhana yang disampaikan oleh Ibu Rummi Sirait, MT dengan pembahasan dimulai dari pengertian Rangkaian Elektronika, pembagian elektronika menjadi 3 (Analog, Digital dan Kombinasi), pengertian LED, pengertian IC, pengertian Seven Segment dan penjelasan tentang flip flop. Acara semakin menarik dengan adanya Tanya jawab / diskusi dari peserta dengan pemateri pada setiap sesinya serta pemberian doorprize bagi peserta yang beruntung.

IMG_5145 IMG_5202

Kemudian pada sesi kedua adalah mempraktekan yang sudah di jelaskan pada sesi pertama dengan merangkai rangkaian elektronika sederhana. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok yang merangkai papan skor menggunakan seven segment dilakukan di lab elektro dasar dan kelompok yang merangkai rangkaian flip flop dilakukan di lab elektro lanjut.
Kemudian pada sesi terakhir di tukar kelompok besar yang pada sesi sebelumnya merangkai papan skor menggunakan seven segment, maka pada sesi terakhir merangkai rangkaian flip flop. Begitu juga sebaliknya, yang pada sesi sebelumnya merangkai rangkaian flip flop, maka pada sesi terakhir merangkai papan skor menggunakan seven segment.
Para peserta sangat antusias terutama pada sesi ke dua dan ke tiga ini, karena langsung mengaplikasikan teori yang sudah didapat menjadi sebuah rangkaian elektronika yang bisa di gunakan.
IMG_5254 IMG_5244 IMG_5258 IMG_5509 IMG_5535

Salam FT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*