Categories: berita

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Genap 2022/2023: Desain Ruang Terbuka Hijau Ramah Energi Di Komplek Winong Permai Kelurahan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, Banten.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban Tridharma dosen yang dilaksanakan setiap semester. Tim dosen dari Universitas Budi Luhur yakni dari Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menyumbangkan ilmu Teknik Elektro dan Arsitekturnya bagi masyarakat sekitar.

Pelaksana kegiatan Eka Purwa Laksana, S.T., M.T selaku Ketua Tim, Sri Kurniasih, S.T., M.Ars dan Ir. Karya Subagya, M.T., IAI selaku anggota tim, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Desain Ruang Terbuka Hijau Ramah Energi Di Komplek Winong Permai Kelurahan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, Banten.

Pada tahap awal tim dosen melakukan perijinan untuk pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Ketua RT Perumahan Winong . Pada tahap selanjutnya dilakukan survey lapangan dan wawancara kepada beberapa warga perumahan winong agar sesuai dengan kebutuhan. Setelah data terkumpul, tim membuat konsep desain sesuai dengan standar kenyamanan arsitektur dan sesuai dengan Ruang terbuka Hijau yang dipunyai oleh perumahan Winong.

Setelah konsep desain disepakati oleh warga, tahapan selanjutnya menerapkan konsep desain pada pengembangan rancangan arsitektur. Rancangan arsitektur dibuat dalam beberapa gambar kerja, yaitu siteplan, denah, tampak, dan potongan. Sebagai pendukung visualisasi, dibuat gambar perspektif 3D.

Dalam pelaksanaan merancang Taman Winong Permai, perbaikan desain atau revisi desain dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan desain yang sesuai dengan kebutuhan warga. Setelah proses desain taman Winong Permai selesai, tahapan selanjutnya adalah penyerahan desain Taman Winong Permai ke mitra, dalam hal ini Ketua RT 03 RW 05 kelurahan Sudimara Timur, Kec. Ciledug Kota Tangerang, Banten. Pada saat penyerahan desain, dijelaskan pula material yang digunakan serta fasilitas apa saja yang disediakan pada desain taman Winong Permai. Berikut ini dokumentasi penyerahan desain Taman Winong Permai, yang dilakukan pada bulan Juli 2023.

Dengan demikian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur dapat memberikan kontribusi ilmu Teknik Elektro dan Arsitekturnya bagi desain Desain Ruang Terbuka Hijau Ramah Energi Di Komplek Winong Permai.

Fakultas Teknik

Share
Published by
Fakultas Teknik

Recent Posts

Jadwal Sidang Pertama TA Teknik Elektro, Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Diberitahukan kepada mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur…

16 hours ago

Jadwal Seminar KKP Program Studi Teknik Elektro Semester Genap 2023/2024

Salam Budi Luhur! Jadwal Seminar KKP Program Studi Teknik Elektro Semester Genap 2023/2024 dapat diunduh…

23 hours ago

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024: Peningkatan Kapasitas Jembatan Kawasan Permukiman di Desa Gintung Pusat Kecamatan Parungpanjang Kabupaten bogor

Program studi (prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur telah meluncurkan laporan terbaru terkait pengabdian…

5 months ago

Kalender Kuliah Kerja Praktek (KKP) Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Elektro, Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Sehubungan perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2023/2024 di Fakultas Teknik Universitas Budi…

5 months ago

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024: Peningkatan Sistem Keamanan Rumah Tangga dengan Sistem Mitigasi Bahaya Kebakaran dan Edukasi Manajemen Bencana Kebakaran

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024…

5 months ago

Jadwal Kuliah Fakultas Teknik Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Menindaklanjuti Kalender Akademik Universitas Budi Luhur Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 https://daa.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2023/12/Kalender-Akademik-Genap-2023-2024.pdf…

5 months ago