Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat: Desain Renovasi Masjid Al Hasanah di Kelurahan Kreo Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten

Pada periode Genap 2021/2022, program studi Arsitektur dan program studi Teknik Elektro Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyumbangkan ilmu arsitektur dan teknik elektro bagi masyarakat sekitar. Pelaksana dalam kegiatan ini adalah Nifty Fath, S.T., M.Eng sebagai ketua tim, Anggraeni Dyah S., S.T., M.T dan Harfa Iskandaria, S.T., M.T selaku anggota. Judul dari kegiatan pengabdian ini adalah “Desain Renovasi Masjid Al Hasanah Di Kelurahan Kreo Selatan, Kecamatan Larangan,  Kota Tangerang, Banten”.

Masjid Al-Hasanah

Masjid Al Hasanah terletak di Gg. Sawo No 27 RT 001 RW 03 Kelurahan Kreo Selatan Kecamatan Larangan Kota Tangerang, Banten. Saat ini masjid Al Hasanah hanya terdiri dari satu lantai dengan luas kurang lebih 140 m2, Masjid ini tergolong bangunan permanen dengan ketinggian bangunan sekitar 2,8 meter. Masjid Al Hasanah merupakan masjid waqaf yang umur bangunannya diperkirakan sudah lebih dari 20 tahun, renovasi masjid sudah pernah dilakukan namun hanya dilakukan secara parsial dan belum pernah dilakukan secara total

Renovasi masjid yang diprakarsai oleh pengurus masjid bersama – sama masyarakat ini selain memperhatikan lingkungan sekitar, maka secara internal pengurus juga memperhatikan kondisi dalam dari masjid tersebut. Diantaranya adalah kondisi penerangan buatan yang cukup untuk melaksanakan ibadah pada saat malam hari. Perencanaan desain renovasi secara arsitektur memiliki lingkup interior dan eksterior, dimana desain interior bertujuan untuk mengakomodir semua kegiatan ibadah dan majelis taklim. Sedangkan untuk desain eksterior bertujuan untuk memberikan efek megah pada masjid yang baru direnovasi ini.

Harapan  dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Elektro Universitas Budi Luhur dapat memberikan kontribusi ilmu arsitektur dan teknik elektro bagi redesain masjid Al-Hasanah.

Desain Renovasi Masjid Al-Hasanah (tampak depan)
Desain Renovasi Masjid Al-Hasanah (tampak belakang)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*