Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat : Redesain Fasilitas Kamar Mandi Masjid Al Isra Kel. Sudimara Timur Kec. Ciledug Kota Tangerang

Salam budi luhur!

Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban Tridharma dosen yang dilaksanakan setiap semester. Untuk periode Gasal 2019/2020, Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menumbangkan ilmu arsitekturnya bagi masyarakat sekitar.

Pelaksana kegiatan Anggraeni Dyah S, S.T., M.T selaku Ketua Tim, Harfa Iskandaria, S.T., M.T dan Ir. Karya Subagya, M.T., IAI selaku anggota tim, serta I Made Joshua Pratama dan Anthony Sistyo Farhan selaku tim pendukung dari mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Redesain Fasilitas Kamar Mandi Masjid Al Isra” yang terletak di Jalan Winong Kelurahan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten. Redesain dilakukan agar fasilitas kamar mandi Masjid dapat sesuai dengan standar arsitektur serta sesuai dengan pengambangan Masjid Al Isra terkini.

Pada tahap awal tim dosen melakukan perijinan untuk pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Isra yang diketuai oleh Bapak Fathullah. Pada tahap selanjutnya dilakukan survey lapangan dan wawancara kepada beberapa anggota DKM agar sesuai dengan kebutuhan Jemaah masjid. Setelah data terkumpul, tim membuat konsep desain sesuai dengan standar kenyamanan arsitektur dan sesuai dengan fasad Masjid Al Isra.

Setelah konsep desain disepakati oleh DKM Masjid Al Isra, tahapan selanjutnya menerapkan konsep desain pada pengembangan rancangan arsitektur. Rancangan arsitektur dibuat dalam beberapa gambar kerja, yaitu siteplan, denah, tampak, dan potongan. Sebagai pendukung visualisasi, dibuat gambar perspektif 3D.

Hasil desain fasilitas kamar mandi Masjid Al Isra Kel. Sudimara Timur Kec. Ciledug Kota Tangerang

Pada tahap akhir, dibuat Rencana Anggaran Biaya sesuai dengan gambar kerja yang telah disetujui oleh DKM Masjid Al Isra. Rencana Anggaran Biaya digunakan sebagai acuan dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan sesuai dengan material yang digunakan.

Dengan demikian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur dapat memberikan kontribusi ilmu arsitekturnya bagi redesain fasilitas kamar mandi Masjid Al Isra.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − ten =

*