Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat : Rawamangun Hemat Energi dan Bebas Bahaya Kebakaran

Salam budi luhur!

Pada Rabu 29 Januari 2020, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yakni Eka Purwa Laksana, M.T., Nifty Fath, M.Eng, dan Rummi Sirait, M.T. di Balai RW 02 Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan PPM yang bertemakan “Penyuluhan Penggunaan Listrik Yang Benar Dan Perhitungan Biaya Pemakaian Listrik” dihadiri oleh 40 warga RW 02 kelurahan Rawamangun serta aparat warga dari tingkat RT, RW, hingga kelurahan.

Foto bersama aparat warga di tingkat RT, RW, dan Kelurahan Rawamangun

Tema ini diusung mengingat pemukiman padat di perkotaan menjadi salah satu permasalahan di Indonesia, terutama provinsi DKI Jakarta sebagai akibat dari ketimpangan luas lahan dengan jumlah penduduk. Kelurahan Rawamangun merupakan salah satu pemukiman padat di DKI Jakarta. Pada pemukiman padat, resiko terjadinya kebakaran akan semakin meningkat apabila penggunaan listrik tidak dilakukan dengan benar dan instalasi listrik tidak sesuai standar.

Dalam kegiatan ini, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari warga masyarakat. Masyarakat termotivasi untuk menggunakan peralatan listrik yang hemat energi, misal penggunaan lampu LED, memilih tipe AC yang sesuai dengan ukuran kamar dan jumlah penghuni rumah, dan lain sebagainya. Selain itu, masyarakat juga dikenalkan pada peralatan listrik yang sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI) sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan bahaya kebakaran akibat listrik. Pada materi penyuluhan yang terakhir, warga telah dapat mengestimasi pengeluaran listrik bulanan berdasarkan penggunaan energi listrik sehari-hari dan menghitung kWh meter prabayar sehingga dapat menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya.

Sesi penyuluhan

Sesi penyuluhan diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi bersama warga. Warga yang bertanya dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim diberikan doorprize berupa lampu LED dengan harapan semakin meningkatkan motivasi warga untuk hemat energi.

Pemberian doorprize oleh ketua tim PPM
Foto bersama warga RW 02 Kelurahan Rawamangun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 6 =

*