Kuliah Umum : SIAPKAH INDONESIA UNTUK TEKNOLOGI 5G YANG AKAN DIRILIS 2020?

Teknologi tak hentinya berkembang dan menghujani berbagai negara di dunia. Tak hanya dari sisi perangkat, teknologi jaringan juga ikut berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu agar tidak ketinggalan teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Budi Luhur mengajak rekan mahasiswa/i untuk mengetahui lebih jauh ada teknologi apa lagi yang akan dikembangkan di Indonesia. Maka dari itu HIMATE mengadakan Kuliah Umum yang bertajuk : Perkembangan Teknologi 5G di Indonesia, dengan mengikuti tema yang diusung yaitu “ Technology For Better Life And Better Future” pada 15 Mei 2018, di Ruang Perpustakaan Lt.3 Universitas Budi Luhur.

Acara ini dibuka dengan pesan yang disampaikan oleh Ka. Prodi Teknik Elektro yaitu Bpk. Akhmad Musafa, S.T., M.T “Kita sebagai generasi penerus bangsa harus tau teknologi apa yang akan ada didepan kita, kita tidak boleh ketinggalan teknologi”.

Hal serupa juga disampaikan oleh Deputi Rektor Bidang Riset dan Penjaminan Mutu Bpk. Dr.Krisna Adiyarta, “Kita juga sedang mengadakan riset teknologi dan kebetulan sekali tema acara ini sama dengan tema riset yang kita jalani yaitu Universitas Budi Luhur For Better Life”.

Menghadirkan narasumber / ahli dari Direktorat Penataan Sumber Daya KOMINFO yaitu Bpk. Aryo Pamoragung, S.T memaparkan materi mengenai Perkembangan teknologi 5G di Indonesia pada hari selasa (15 Mei 2018). Berperan sebagai moderator, Bpk. Peby Wahyu Purnawan, S.T, M.T memulai dengan membacakan CV narasumber.

Jaringan 5G saat ini sedang dikembangkan di berbagai negara untuk memberikan konektivitas internet yang lebih kencang lagi nantinya. Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar sedang bersiap untuk menyambut kehadiran 5G.

”Jaringan 5G sendiri sebetulnya masih jauh dari kata rampung agar bisa dimanfaatkan semua orang. Pengembangan teknologi komunikasi generasi kelima itu diprediksi baru rampung Tahun 2020 mendatang. Kendati demikian, teknologi ini merupakan uji coba 5G fix wireless dengan kecepatan super kencang dan bisa tembus 100 Mbps. Teknologi 5G memiliki beberapa keunggulan, antara lain: kapasitas tinggi, latency rendah, jumlah koneksi lebih banyak dan layanan baru”. Ujar Bpk. Aryo Pamoragung

Respon semangat yang dihadirkan oleh para peserta bukan hanya dari jumlah penanya-nya tetapi juga betapa banyaknya peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kuliah Umum itu dihadiri lebih kurang 100 orang peserta dari mahasiswa/i Universitas Budi Luhur serta tamu undangan staf pengajar Universitas Budi Luhur.

Semoga dengan diadakannya kuliah umum ini, para audiens terutama mahasiswa/i Teknik Elektro dapat menjadi start up muda dengan adanya teknologi 5G yang sangat membantu ini. Semoga kedepannya seluruh masyarakat di Indonesia dapat menikmati teknologi generasi kelima ini secara menyeluruh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*