MOU PRODI ARSITEKTUR UNIVERSITAS BUDI LUHUR DENGAN 8 PTS DI JAKARTA

Pada hari Selasa, tanggal 10 Juni 2014, bertempat di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, telah ditandatangani, Nota Kesepahaman antara Fakultas Teknik / Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Prodi Arsitektur Universitas Budi Luhur, Universitas Kristen Indonesia, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Bung Karno dan Universitas Persada Indonesia YAI.

Gambar 1.
Foto bersama Usai Penandatangan Kerjasama 8 PTS;
UMJ, UKI, Univ BL, UP, Borobudur, UBK, YAI dan ISTN

Kedelapan PTS prodi Arsitektur bersama-sama sepakat, untuk menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan materi Arsitektur bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan kegiatan, ARSITEKTUR HIJAU & BERKELANJUTAN. Kerjasama di sepakati berlangsung selama tiga tahun, terhitung sejak 10 Juni 2014 sampai dengan 10 Juli 2017.

Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang dilaksanakan oleh 6 PTS prodi Arsitektur di Jakarta (Budi Luhur, UKI, UP, UBK, Borobudur dan UMJ) sejak Maret 2011 sampai dengan Maret 2014. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan bersama-sama 6 PTS ini antara lain, workshop Green Kampung dan Green Housing (di selenggarakan oleh UKI), kuliah tamu dari Dosen-dosen Universitas Welington Australia (di selenggarakan oleh UKI dan Budi Luhur), serta studi ekskursi ke Singapore (di selenggarakan oleh UMJ) Melihat manfaat yang cukup besar dengan adanya kerjasama ini, ISTN dan YAI menyatakan diri untuk bergabung dalam kelompok.

Gambar 2. Studek ke Singapore prodi Arsitektur Univ Budi Luhur dengan 6 PTS

Gambar 3. Gabungan mahasiswa 6PTS peserta Workshop Green Kampung di Cawang.

Seminar dan Workshop Sustainable Urban Development
Sebagai langkah awal kegiatan kerjasama ke-dua ini, segera setelah MoU dilangsungkan, prodi Arsitektur UKI menyelenggarakan Seminar dan Workshop dengan tema Sustainable Urban Development. Puncak acara seminar dan workshop ini adalah di langsungkannya lomba, Penataan Kawasan Koridor BSD – Alam Sutera Kabupaten Tangerang, Banten. Lomba ini merupakan kolaborasi antaran dosen dan mahasiswa dari 8 PTS. Kelompok peserta lomba merupakan gabungan dari 8 PTS yang menandatangani kontrak kerjasama.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis tanggal 10 s/d 12 Juni 2014. Pada hari pertama acara dimulai dengan seminar setengah hari yang menjadi pengantar dan pembekalan workshop dengan tema :
1. Pengembangan Kota Baru Pinggiran Metropolitan yang disampaikan oleh Ir. Sahala Simatupang, MT (Univ Kristen Indonesia)
2. Rencana Pengembangan Wilayah Tangerang yang disampaikan oleh Tonny Soewandi, ST (Pemda Tangerang)
3. Tinjauan Data Perkembangan Wilayah Koridor BSD-Alam Sutera yang disampaikan oleh Julia Dewi, ST, MT (Univ. Pelita Harapan
Moderator : Putri Suryandari ST,M.Arst ( Universitas Budi Luhur)
Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok bagi peserta kegiatan. Total peserta terdiri dari 25 mahasiswa yang terbagi menjadi 5 kelompok. Setelah kelompok dibagiakan, para peserta melakukan diskusi dan kerja kelompok yang membahas tentang Ide dan Gagasan Penataan Koridor.
Hari kedua acara dimulai dengan presentasi kelompok tentang Ide dan Gagasan Penataan Kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan kerja kelompok yang membahas tentang Rancangan Desain Penataan Elemen Koridor BSD-Alam Sutera, dengan memilih salah satu blok koridor.
Hari ketiga para peserta melakukan kerja kelompok membahas tentang Desain Perencanaan dan Perencanaan Detail yang terdiri dari kosep rancangan, desain dan strategi pembinaan. Hasil kerja berupa desain komputer dan sketsa serta maket.
Acara ditutup pada hari ketiga dengan presentasi dari masing-masing kelompok yang dilanjutkan dengan penilaian oleh dewan juri dari para pembimbing di 8 PTS. Kemudian dewan judi memberikan hadiah kepada para pemenang :
1. Juara I dari kelompok 1 yang salah satu anggotanya adalah Silvia Devi mahasiswa arsitektur Univ. Budi Luhur angkatan 2012.
2. Juara II dari kelompok 5 yang salah satu anggotanya adalah Fahreza Bama Putra mahasiswa arsitektur Univ. Budi Luhur angkatan 2011.
3. Juara I dari kelompok 6 yang salah satu anggotanya adalah Pigo Adi Prabowo mahasiswa arsitektur Univ. Budi Luhur angkatan 2012.

Gambar 4. Gabungan mahasiswa peserta Seminar, Workshop dan Lomba kerjasama 8 PTS prodi Arsitektur Jakarta.

Gambar 5. Dosen dan Mahasiswa Arsitektur Univ Budi Luhur peserta Lomba penataan koridor BSD – Alam Sutra.

Recent Posts

Jadwal Sidang Pertama TA Teknik Elektro, Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Diberitahukan kepada mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur…

1 day ago

Jadwal Seminar KKP Program Studi Teknik Elektro Semester Genap 2023/2024

Salam Budi Luhur! Jadwal Seminar KKP Program Studi Teknik Elektro Semester Genap 2023/2024 dapat diunduh…

2 days ago

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024: Peningkatan Kapasitas Jembatan Kawasan Permukiman di Desa Gintung Pusat Kecamatan Parungpanjang Kabupaten bogor

Program studi (prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur telah meluncurkan laporan terbaru terkait pengabdian…

5 months ago

Kalender Kuliah Kerja Praktek (KKP) Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Elektro, Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Sehubungan perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2023/2024 di Fakultas Teknik Universitas Budi…

5 months ago

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024: Peningkatan Sistem Keamanan Rumah Tangga dengan Sistem Mitigasi Bahaya Kebakaran dan Edukasi Manajemen Bencana Kebakaran

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Gasal 2023/2024…

5 months ago

Jadwal Kuliah Fakultas Teknik Semester Genap 2023/2024

SALAM BUDI LUHUR Menindaklanjuti Kalender Akademik Universitas Budi Luhur Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 https://daa.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2023/12/Kalender-Akademik-Genap-2023-2024.pdf…

5 months ago