Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat: Pendampingan Renovasi Minaret Masjid Al-Mizan di Kelurahan Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Tim dosen dari Universitas Budi Luhur yakni dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di salah satu masjid yang ada di Kelurahan Rawamangun, yakni Masjid Al-Mizan. Tim dosen ini terdiri dari Inggit Musdinar Sayekti Sihing Yang Mawantu, ST, MT dari Prodi Arsitektur, dan Farida Ayu Avisena Nusantari, SEI, MM dari Prodi Manajemen.

Masjid Al-Mizan berada di lingkungan permukiman di Rawamangun dan telah cukup lama berdiri. Jamaah Masjid Al-Mizan cukup banyak, tidak hanya dari masyarakat sekitar masjid, namun juga karyawan yang bekerja di sekitar masjid. Masjid Al-Mizan suasananya cukup tenang karena lokasinya jauh dari pusat keramaian, dan banyak jamaah yang merasa teduh saat bersembahyang di masjid ini.

Gambar 1. Pembangunan Minaret Masjid Al-Mizan

Kondisi masjid Al-Mizan saat ini masih berdiri kokoh dan pihak DKM Al-Mizan menghendaki adanya menara pengeras suara yang mampu mendistribusikan kumandang Adzan dengan lebih baik. Saat ini pengeras suara berada diatas atap lantai 2, tepatnya di atas Ruang Wudhu yang memiliki atap datar berbahan beton. Bangunan rumah tinggal yang berada di sekeliling masjid telah berkembang menjadi bangunan bertingkat, dan bahkan tinggi bangunan di sekeliling masjid melebihi ketinggian pengeras suara masjid Al-Mizan.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka Tim Dosen Universitas Budi Luhur dari Arsitektur dan Manajemen menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa kegiatan pendampingan renovasi Minaret Masjid Al-Mizan. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan zoom meeting dan musyawarah dengan tatap muka terbatas terbatas karena masih pandemi. Desain minaret Masjid Al-Hasanah disesuaikan dengan masukan dari pengelola masjid dan hasil musyawarah bersama dengan penekanan minaret yang berbahan ringan dengan tinggi sekitar 12 m dari atap lantai 2 Ruang Wudhu. Tim dosen membantu dan mendampingi penyusunan rencana pelaksaaan kegiatan pembangunan Minaret dan memberikan gambar as-built drawing Minaret Masjid Al-Mizan.

Gambar 2. Minaret Masjid Al-Mizan yang Telah Dibangun
Gambar 3. Minaret Masjid Al-Mizan yang Telah Dibangun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*