PKM Dosen Prodi Arsitektur dan Prodi Akuntansi “PEMBUATAN PANDUAN DAN DESIMINASI WISATA RELIGI PILAR AL-QUR’AN BAGI POKDARWIS GUNUNG PADANG”

SALAM BUDI LUHUR

Tim Abdimas dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari Putri Suryandari, S.T.,M.Ars dan Rismawandi, S.E.,M.Akt, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa Pembuatan Panduan Dan Desiminasi Wisata Religi Pilar Al Quran Bagi Pokdarwis Gunung Padang”

Gunung Padang adalah objek wisata di Sukabumi yang merupakan kawasan megalitikum tertua di Indonesia, peninggalan masa megalitikum atau jaman batu besar berbentuk punden berundak dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Situs Megalitikum Gunung Padang ini juga merupakan Situs Cagar Budaya Peringkat Nasional, yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pada proses pembuatan atribut dan desiminasinya, dilakukan Focus Group Discussion (FGS) secara online melalui media Zoom antara, tim PKM Budiluhur dengan Pokdarwis dan Yayasan t74 Hafizun Alim. Hadir dalam kegiatan tersebut ketua Tim PKM Putri Suryandari ST, M.Ars, Tim PKM, Rismawandi S.Ak, M.Ak, Anggraeni Dyah ST, MT, Anita Diana, S.Kom, M.Kom, serta dua mahasiswa Budiluhur. Yayasan 74 Hafizun Alim diwakili oleh Deddy Herdiansjah, PhD, Ir, Farida, Dewi Condro Kumolo, S.Ikom, dan Rahmawati. Sedangkan dari Pokdarwis Gunung Padang, Djajang,Jaenal, Nanang dan lima anggota lainnya. Karena keterbatasan sinyal, maka tim Pokdarwis ini rela naik ke Gunung Padang untuk mengikuti FGD.

Pak Nanang dan pak Djaenal selaku Pemimpin Pokdarwis Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat menyampaikan bahwa buku panduan wisata yang sudah dibuat oleh tim PKM Universitas Budi Luhur dibawah naungan ibu Putri Suryandari bersama Yayasan 74 Hafizun Alim sebaiknya bersifat edukasi ringan yang bisa dibaca dan dipahami oleh semua kalangan dan segala usia.

Pada Hari Ahad (Minggu) tanggal 26 Juni 2022, dilakukan penyerahan seluruh atribut wisata Arsitektur Pilar Al Quran di Gunung Padang, yang telah di konsultasikan dan didiskusikan dengan pihak Pokdarwis maupun mitra. Menanggapi hasil yang masih awal tersebut, mitra sangat merasa terbantu dengan adanya atribut wisata ini, sehingga paket kegiatan Ekspedisi Gunung Padang adalah Pilar Al Qur’an menjadi lebih professional.

Konsep perancangan dalam buku panduan wisata ini agar, pembaca dapat memperoleh gambaran mengenai objek Pilar Al Quran di area Gunung Padang dengan uraian, maupun ilustrasi foto. Pembaca dapat menelusuri letak bebatuan yang ada di area situs megalitikum tersebut berdasarkan kajian sains Al-Qur’an. Pembaca juga dapat memperoleh informasi terkait asal usul bebatuan yang terdapat di situs Gunung Padang berdasarkan kajian sains tersebut.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua PKM, Putri Surandari dan Ketua Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, Anggraeni Dyah. Diterima dengan baik oleh Pembina I Yayasan 74 HA, KH Fahmi Basya dan Pembina III Deddy Herdiansjah, PhD, serta pengurus yang lain.

Pertemuan ini sungguh masih akan berlanjut, tidak ada silaturahmi yang terputus, sehingga walaupun penyerahan telah dilakukan, masih terdapat saran-saran untuk memperbaiki panduan wisata ini, agar lebih informatif dan inovatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*