Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat: Penyusunan RAB Renovasi Masjid Al-Hasanah

Beberapa waktu lalu Tim Dosen gabungan dari Prodi Arsitektur dan teknik Elektro melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di salah satu masjid yang ada di Kelurahan Kreo Selatan, yakni Masjid Al-Hasanah. Tim dosen ini terdiri dari Drs. Suwasti Broto, MT dari Prodi Teknik Elektro, Dody Kurniawan, ST, MT dan Inggit Musdinar ST, MT dari Prodi Arsitektur.

Masjid Al Hasanah tepatnya terletak di Gang Sawo No. 27, RT.01/RW.13, Kelurahan Kreo Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten. Jamaah Masjid Al-Hasanah semakin pesat dan DKM bermaksud memperluas bangunan masjid. Kondisi Masjid Al-Hasanah saat ini terdiri dari bangunan 1 lantai. Dan sejarah awalnya mushola ini adalah rumah tinggal milik jamaah yang kemudian diwakafkan untuk menjadi masjid.

Kondisi Masjid Al-Hasanah saat ini perlu mengalami pengembangan karena jamaah Masjid Al-Hasanah yang kian bertambah dan semakin tidak tertampung, toilet dan ruang wudhu yang terpisah bagi Jemaah pri dan jamaah wanita juga belum tersedia. Permasalahan ini seringkali dijumpai saat sholat jumat, banyak jamaah yang tidak tertampung. Terlebih lagi saat bulan Ramadhan tiba, jamaah membludag tidak tertampung hingga terpaksa beribadah di area jalan di sekeliling Masjid Al-Hasanah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pihak pengelola Masjid Al-Hasanah ingin menambah ruangan masjid menjadi 2 lantai.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka Tim Dosen Universitas Budi Luhur dari Arsitektur dan Teknik Elektro menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk menyusun bersama Rencana Anggaran Biaya Renovasi Masjid Al-Hasanah. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan zoom meeting dan tatap muka terbatas karena masih terbatas akibat pandemi. Dimana desain renovasi Masjid Al-Hasanah disesuaikan dengan masukan dari pengelola masjid. Tim dosen lain menyelesaikan gambar preliminari desain renovasi masjid disesuaikan dengan standar arsitektur. Sedangkan Tim kami melanjutkan dengan acara penyusunan Rencana Anggaran Biaya bersama DKM Masjid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*