Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Program Studi Teknik Elektro : Workshop Pembuatan Rangkaian Elektronika Sederhana Pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Nyiur

Pada Rabu 29 Januari 2020, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yakni Nifty Fath, M.Eng, Eka Purwa Laksana, M.T., dan Rummi Sirait, M.T di Kelompok Swadaya Masyarakat NYIUR yang berlokasi di Jalan Haji Gaim No. 50 RT 010 / RW 02 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kegiatan workshop diikuti oleh 16 orang dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Rangkaian acara dipandu oleh Eka Purwa Laksana dan diawali dengan sambutan oleh ketua pengelola KSM Nyiur, Umi Tutik Asmawi. Agenda selanjutnya dibagi menjadi empat sesi, sesi pertama yakni pemaparan materi komponen rangkaian elektornika, sesi kedua adalah praktek pembuatan rangkaian lampu senter sederhana, sesi kedua adalah penjelasan mengenai tahap-tahap membuat rangkaian dispenser, dan sesi terakhir adalah pemberian doorprize.

Pemaparan komponen elektronika

Setelah pemaparan materi, selanjutnya adalah seluruh peserta melakukan praktek pembuatan lampu senter sederhana yang dipandu oleh tim. Seluruh peserta workshop kemudian terbagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta. Setiap kelompok diberikan satu set komponen yang terdiri dari konektor, baterai 9 volt, dua tutup botol bekas, tiga buah lampu LED, dan paku.

Seluruh peserta sangat aktif dan kooperatif. Setelah mengikuti tahap-tahapan pembuatan lampu senter sederhana, setiap kelompok berhasil membuat satu buah lampu senter sederhana. Sesi ketiga adalah penjelasan mengenai prinsip kerja dan langkah-langkah merakit dispenser hand-sanitizer otomatis.

Peserta workshop membuat rangkaian lampi senter sederhana
Lampu senter sederhana yang telah dirakit oleh peserta workshop
Penjelasan mengenai prinsip kerja dan langkah-langkah merakit dispenser hand-sanitizer otomatis

Sesi terakhir adalah sesi tanya-jawab sekaligus pembagian doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim.

Pembagian doorprize

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − two =

*