Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Arsitektur: Desain Tempat Wudhu Wanita Mushalla Nurul Fata Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat

Program pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban Tridarma dosen yang dilaksakan pada semester genap 2019/2020, program studi Arsitektur Universitas Budi Luhur telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan sumbangsih ilmu kepada khalayak umum.

Pelaksana pengabdian kepada masyarakat semester genap 2019/2020 dilaksanakan sebanyak empat orang yang terdiri dari Ketua Tim Harfa Iskandaria S.T.,M.T. Anggraeni Dyah S.,S.T.,M.T. dan Ir. Karya Subaya, M.T. selaku anggota tim, kemudian Anthony Sistyo Farhan dan I Made Joshua Pratama sebagai tim pendukung dari mahasiswa pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Desain Tempat Wudhu Wanita Mushalla Nurul Fata di Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat”.

Awal pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini Anggraeni Dyah S. S.T.,M.T. selaku anggota tim dihubungi oleh perwakilan pembangunan mushalla Nurul Fata bapak Ahmad Sodiq. Sehubungan dengan adanya pandemic Covid 19 maka pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagaian besar dilaksanakan secara online baik tahap survey, koordinasi serta dengar pendapat dilakukan secara online. Pada tahap awal kegiatan pengabdian kepada masyarakat seluruh anggota tim melakukan survey secara online serta melakukan wawancara melalui telepon kepada Pak A. Sodiq untuk mengetahui berbagai macam kendala, dimensi serta menjelaskan syarat detail arsitektur untuk pembangunan tempat wudhu wanita.

Setelah melakukan dengar pendapat dengan Bapak A. Sodiq, langkah berikutnya adalah melakukan perancangan awal dengan sketsa yang dilakukan oleh Bapak Ir. Karya Subagya.

Desain awal yang Digambar telah mempertimbangkan berbagai macam kondisi fisik lapangan, pertimbangan terkait detail arsitektur yang diinginkan oleh perwakilan dewan kemakmuran mushalla Nurul Fata.

Seperti yang telah dijelakan sebelumnya, dengan adanya pandemic Covid 19 tidak menyurutkan tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Arsitektur untuk melaksanakan kewajibannya, hal ini dibuktikan dengan melakukan rapat koordinasi dengan para anggota dewan kemakmuran mushalla secara online

Setelah melakukan penggambaran desain secara sketsa yang telah disetujui oleh anggotan dewan kemakmuran mushalla yang diwakili oleh bapak A. Sodiq, maka langkah berikutnya adalah menurunkan ide sketsa tersebut kedalam tahap gambar kerja serta gambar modelling 3 dimensi untuk mempermudah perwakilan dewan kemakmuran mushalla dalam menginterprestasikan hasil akhir tempat wudhu wanita.

Pada tahap akhir dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah membuat rencana anggaran biaya yang mana rencana anggaran biaya ini nantinya akan menjadi pedoman anggota dewan kemakmuran mushalla Nurul Fata, agar pada saat pembangunan tempat wudhu wanita dapat lebih efektif dan efisien.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =

*