Seminar Ketukangan Nusantara 4.0

SEMINAR “KETUKANGAN NUSANTARA 4.0”

PROGRAM STUDI ARSITEKTUR UNIVERSITAS BUDI LUHUR

26 JULI 2019

Kita telah memasuki era industri 4.0, yaitu tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Bagaimana dengan perkembangan arsitektur di era industri 4.0? Apakah arsitektur nusantara yang terkenal dengan tradisionalnya juga harus berubah menggunakan teknologi otomatisasi dan cyber?

Menghadapi permasalahan tersebut, Program Studi Arsitektur Universitas Budi Luhur menyelenggarakan seminar dengan tema “Ketukangan Nusantara 4.0” Narasumber adalah Realrich Sjarief, S.T., MAUD., IAI, pemilik dari Realrich Architecture Workshop. Seminar diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 jam 13.30 hingga 17.00 di Ruang Teater Universitas Budi Luhur. Seminar tidak hanya dihadiri dari mahasiswa arsitektur Universitas Budi Luhur, tetapi juga dihadiri oleh mahasiswa arsitektur yang tergabung dalam Mahasiswa Arsitektur Indonesia dari beberapa wilayah.

Materi yang diberikan narasumber sangat menarik, sehingga diskusi berlangsung cukup lama. Ketukangan tetap bisa bertahan di era industri 4.0. Berbagai macam cara dapat digunakan untuk menggabungkan tradisional dengan kemajuan teknologi. Sebagai contoh beberapa karya Realrich Sjarief yang menggunakan bambu sebagai struktur utama bangunan, bahkan digunakan pada bangunan bertingkat ataupun bangunan dengan fasilitas basemen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 11 =

*