Workshop Dasar Teknik Elektro oleh TIM PKM Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Elektro

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur pada kamis 28 Januari 2016 bertempat di Gedung Theater Universitas Budi Luhur mendapatkan sambutan dan hasil yang positif bagi para peserta dari pelajar tingkat SMA/SMK/MA yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 42 Siswa/I yang mewakili dari 9 Sekolah SMA/SMK/MA wilayah Jakarta – Tangerang. Kegiatan ini dipandu oleh Mahasiswa Teknik Elektro yaitu Odik Sulasdika dan Yogie Arrozi yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan kegiatan ini selesai pada pukul 15.30 WIB.

IMG_5125 IMG_4817

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur oleh Akhmad Musafa, ST., MT yang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari para Akademisi (Dosen dan Mahasiswa) Prodi Teknik Elektro Universitas Budi Luhur bertujuan memberikan sumbangsih pengetahuan di bidang dasar elektronika, dengan harapan para peserta dapat memberikan bekal pengetahuan dan keahlian bagi mereka untuk kehidupan sehari-hari terlebih dalam menghadapi era MEA sekarang ini yang menuntut keahlian/skill.

IMG_4827  IMG_4848

Workshop ini dibagi dalam tiga sesi, pada sesi pertama berkaitan dengan Dasar teknik elektro yang disampaikan oleh Bapak Indra Riyanto, ST., MT dengan pembahasan dimulai dari pengertian dasar tentang Resistor, Induktor, Kapasitor dan komponen elektronika laiannya yang sering digunakan / ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian pada sesi kedua adalah berkaitan dengan teori tentang dasar rangkaian listrik yang disampaikan oleh Drs. Suwasti Broto, MT dengan pembahasan menyambung dari pengenalan tentang dasar teknik elektro kedalam rangkaian listrik yang pada akhirnya bisa digunakan sesuai dengan keinginan / kebutuhan. Dan pada sesi ketiga yang disampaikan oleh Bapak Akhmad Musafa, ST., MT fokus pembahasan pada teknik pengukuran besaran listrik dengan mengenalkan secara visual komponen elektronika dan teknik melakukan pengukuran menggunakan multimeter pada objek komponen elektronika tersebut.
IMG_4952IMG_4827

Acara semakin menarik dengan adanya Tanya jawab / diskusi dari peserta dengan pemateri pada setiap sesinya serta pemberian doorprize bagi peserta yang beruntung.
100_0144 IMG_4982

Salam FT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*