Mahasiswa Teknik Elektro Juara 2 Lomba HMI Design Tingkat Nasional

Dua mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yaitu Agung Trilaksono dan Zia Muhammad Iqbal Hutabarat yang tergabung dalam tim Blu-Teko berhasil meraih juara 2 dalam lomba HMI Design tingkat nasional pada kegiatan Industrial Automation and Robotic Competition (IARC) 2014 yang diselenggarakan di ITS Surabaya, 25-27 Agustus 2014 yang lalu. IARC adalah ajang lomba tahunan yang diselenggarakan oleh D3 Teknik Elektro ITS yang terdiri dari beberapa kategori lomba yaitu PLC Programming, HMI Design, LabVIEW Programming, LEGO LabVIEW Programming, LabVIEW Embedded Programming, Line Tracer Mikro, dan LEGO NXT Programming. Prodi Teknik Elektro dalam IARC 2014 ini mengikutsertakan 3 tim, yaitu 2 tim untuk lomba PLC Programming dan 1 tim untuk lomba HMI Design, dengan peserta mahasiswa dari PTN/PTS se-Indonesia.
Lomba HMI_02

Dalam lomba HMI Design ini, setiap tim diberikan soal berupa kasus sistem kontrol di industri yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam. Setiap tim diharuskan merancang program dengan design tertentu yang dapat menghubungkan antara manusia dengan mesin. HMI yang dirancang harus dapat menggambarkan kejadian, peristiwa, ataupun proses yang sedang terjadi di plant secara nyata, menunjukkan kesalahan mesin, status mesin sehingga memudahkan pekerjaan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa bagian pada lantai produksi. HMI yang digunakan dalam lomba ini adalah Wonderware Intouch.

Lomba HMI_01
Pemenag lomba ini didasarkan atas tiga kriteria penilaian yaitu waktu tercepat dan program mampu menyelesaikan masalah yang diberikan serta dapat berjalan saat dirunning, jumlah memory yang digunakan (semakin sedikit memory yang digunakan, maka akan mendapatkan penilaian yang semakin baik pula) dan struktur program (kekreatifan, tingkat efisiensi, dan kemudahan pemahaman dan pengaplikasian oleh user lain).

Lomba HMI_03

Kategori lain yang diikuti adalah lomba PLC Programming. Dalam kategori ini, tim Teknik Elektro berhasil melaju sampai babak semifinal (16 besar) dari 41 tim peserta. Prestasi yang berhasil diraih ini membanggakan seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Elektro karena lomba kategori HMI Design ini baru pertama kali diikuti dan dapat langsung berprestasi dengan meraih juara 2. Hal ini menjadi pemicu semangat dan tantangan bagi mahasiswa Teknik Elektro yang akan masuk dalam tim untuk dapat berprestasi kembali dalam kegiatan IARC berikutnya pada Oktober 2015 mendatang.[Musafa]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*